Ahmad Mazen A rare talkative person whose love writing the most

Resep Sambal Bajak Khas Jawa Timur Dijamin Enak!

1 min read

resep sambal bajak

Resep sambal bajak – Untuk kebanyakan orang, makanan pedas menjadi salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan sehari-harinya. Ada begitu banyak sekali makanan pedas yang kini bisa dinikmati salah satunya yaitu sambal. Sambal merupakan salah satu diantara sekian banyaknya makanan pedas yang menjadi favorit kebanyakan orang. Walaupun tidak langsung dimakan seperti snack melainkan harus didampingi dengan nasi dan lauk lainnya, daya tarik sambal memang selalu memikat hati pecinta pedas di Indonesia. Hal ini terbukti dari semakin banyaknya jenis sambal yang bisa dirasakan yaitu seperti sambal bajak. 

Sambal bajak adalah salah satu jenis sambal khas Jawa Timur. Sambal ini tidak hanya digemari oleh masyarakat Jawa Timur saja, bahkan masyarakat di luar Jatim juga banyak yang menyukainya. Sambal bajak merupakan sambal goreng yang cukup populer. Sekilas sambal ini mirip dengan sambal terasi, namun yang membedakannya sendiri yaitu sambal bajak menggunakan daun salam, lengkuas dan serai. Aromanya yang khas, gurih dan pedas ini memang sangat cocok jika disandingkan dengan ayam goreng ataupun ikan bakar.

Lalu, Bagaimana Resep Sambal Bajak Khas Jawa Timur Yang Mudah Dibuat?

Untuk bisa menikmati pedas dan nikmatinya sambal bajak, anda tidak perlu repot pergi ke Jawa Timur. Mengapa demikian? Hal ini tentu saja dikarenakan anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Namun, ketika anda membuat sambal bajak, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan. Misalnya seperti pemilihan bahan, pastikan anda memilih bahan yang berkualitas. Selain itu, karena sambal bajak merupakan sambal goreng maka anda harus menggorengnya dengan maksimal agar tidak mudah basi. 

Setelah hal-hal tersebut anda ketahui, berikut ini resep sambal bajak khas Jawa Timur yang dijamin tahan lama dan enak pastinya!

Bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat sambal bajak:

  • Cabai rawit merah sesuai dengan selera. 
  • Cabai merah besar sesuai dengan selera. 
  • Cabai keriting sesuai dengan seleras. 
  • 2 sendok terasi goreng atau bakar. 
  • 7 butir bawang merah.
  • 2 cm lengkuas lalu memarkan. 
  • 3 lembar daun salam.
  • Garam. 
  • Penyedap rasa. 
  • 1 ½ gula merah atau bisa disesuaikan. 
  • 1 sendok air asam dari 1 sendok asam jawa yang dilarutkan dengan 2 sendok air. 
  • Minyak goreng.

Langkah Membuat Sambal Bajak Khas Jawa Timur:

  1. Pertama kupas bawang merah lalu setelah itu haluskan cabai besar, cabai keriting, cabai rawit, bawang merah dan terasi. Anda bisa menghaluskannya dengan cara tradisional dengan menggunakan ulekan atau dengan blender. Namun jika ingin rasanya lebih menonjol anda bisa menggunakan cara tradisional saja. 
  2. Jika bahan sudah halus, panaskan minyak goreng lalu tumis bumbu yang sudah dihaluskan tersebut bersamaan dengan daun salam, serai dan lengkuas. 
  3. Tambahkan garam, penyedap rasa serta gula secukupnya. Anda bisa tes rasa untuk memastikan apakah rasanya sudah pas atau belum. 
  4. Jika sudah tercium harum (tanda bumbu sudah matang), anda bisa menambahkan air asam lalu masak kembali sampai benar-benar matang. 
  5. Sambal bajak khas Jawa Timur Siap Disajikan.

Baca juga: Resep Sambal Dabu Dabu Khas Manado Dijamin Maknyus!

Bagaimana? Mudah Bukan?

Itulah resep sambal bajak khas Jawa Timur yang dijamin akan tahan lama karena dimasak matang. Sambal bajak memang cocok disajikan dengan lalapan seperti timun dan lauk pauk yang digoreng garing. Jadi, tunggu apalagi, segera buat sambal bajak ala rumahan sekarang juga dan nikmati rasanya. Selamat mencoba!

Ahmad Mazen A rare talkative person whose love writing the most

Leave a Reply

Your email address will not be published.