Ahmad Mazen A rare talkative person whose love writing the most

Resep Sambal Dabu Dabu Khas Manado Dijamin Maknyus!

1 min read

resep sambal dabu dabu

Resep sambal dabu dabu – Jika anda penggemar pedas atau tidak bisa makan tanpa adanya sambal, maka cobalah untuk menikmati pedasnya sambal dabu-dabu. Ya, sambal dabu-dabu merupakan salah satu jenis sambal yang berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Cita rasanya yang sangat pedas dan khas membuat sambal ini banyak diminati oleh para pecinta pedas di Indonesia. 

Jika berbicara tentang sambal dabu dabu, sekilas sambal ini memang hampir sama dengan sambal matah khas Pulau Dewata Bali. Namun walaupun sekilas hampir sama, tentu saja kedua sambal ini memiliki banyak perbedaan terutama dari segi bahan yang digunakan. Sambal matah berbahan dasar seperti cabai rawit, bawang merah, bawang putih, jeruk purut, batang serai, gaman, perasan jeruk nipis dan juga minyak goreng, 

Sedangkan sambal dabu dabu menggunakan bahan dasar seperti cabai merah, bawang merah,  batang daun bawang, perasan jeruk nipis, garam, cabai keriting, tomat dan minyak kelapa. Walaupun sama-sama mentah dan tampilannya hampir mirip tentu ada perbedaan dari segi bahan misalnya jika sambal matah menggunakan terasi, sambal dabu dabu tidak menggunakan terasi. Begitupun sambal dabu dabu yang menggunakan tomat dan sambal matah tidak. Selain dari bahan, proses pembuatan juga tentu berbeda.

Lalu, Bagaimana Resep Sambal Dabu Dabu Khas Manado Yang Maknyus?

Untuk bisa menikmati pedasnya sambal dabu dabu, anda tidak perlu pergi ke Manado melainkan hanya cukup membuatnya di rumah. Sama halnya dengan sambal matah, sambal dabu dabu juga mudah sekali dibuat. Dan berikut resep sambal dabu dabu khas Manado yang dijamin maknyus!

Bahan-Bahan Yang Digunakan:

  • Cabe rawit merah sesuai dengan selera, iris tipis. 
  • Cabe rawit hijau sesuai dengan selera, iris tipis. 
  • 6 siung bawang merah, kupas dan iris tipis. 
  • 1 buah tomat merah, dipotong berbentuk dadu. 
  • 5 buah tomat hijau, iris tipis. 
  • 1 buah jeruk nipis berukuran kecil. 
  • Garam secukupnya. 
  • Gula.

Langkah membuat sambal dabu dabu:

  1. Pertama-tama, peras jeruk nipis ke bawang merah yang sudah diiris. Diamkan selama beberapa menit. 
  2. Siapkan wadah lalu campurkan rawit merah, rawit hijau, tomat merah, tomat hijau. 
  3. Aduk sampai benar-benar merata lalu tambahkan bawang merah yang sudah ditambahkan jeruk nipis tadi. Aduk kembali sampai rata. 
  4. Jika sudah tercampur semua bahannya, tambahkan garam dan gula secukupnya. Tes rasa terlebih dahulu agar anda bisa lebih memastikan sambal tersebut pas di lidah anda. 
  5. Jika sudah semuanya tercampur, anda bisa menambahkan minyak kelapa namun jika anda sedang diet kalori minyak kelapa bisa diskip saja. 
  6. Selanjut, siapkan wadah yang cantik lalu sajikan sambal tersebut. 
  7. Sambal  dabu dabu khas Manado siap untuk disajikan.

Baca Juga: Resep Sambal Bajak Khas Jawa Timur Dijamin Enak!

Bagaimana? Sudah tidak sabar membuatnya?

Nah itulah resep sambal dabu dabu dijamin maknyus. Sambal dabu dabu biasanya disajikan sebagai pelengkap makanan yang digoreng. Cara penyajiannya tentu tidak dipisahkan ataupun tidak dicocol melainkan dicampurkan langsung  diatas menu makanan yang telah disiapkan seperti daging sapi, ikan ataupun ayam. Sambal ini juga sangat pas disajikan dengan nasi pulen hangat dan minuman es jeruk. 

Rasa sambal dabu dabu tentu sangat segar. Aroma yang khas, pedas dan asam dari jeruk nipis akan membuat mata anda melotot keenakan. Jadi tunggu apalagi, segera praktekkan resep sambal dabu dabu diatas dan nikmati sambal dabu dabu ala rumahan yang maknyus. Selamat mencoba!

Ahmad Mazen A rare talkative person whose love writing the most

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *